Selasa, 21 Oktober 2008

Menggunakan Softwere Easy Sample untuk mendapatkan ukuran sampel

Penelitian-penelitian yang dilakukan umumnya didasarkan pada data sampel bukan data populasi. Sebagian (kecil) dari populasi dipilih sebagai sampel dan kemudian dianalisis untuk menarik kesimpulan mengenai keadaan seluruh populasi. Misalnya, kita ingin melakukan penelitian mengenai kondisi sosial-ekonomi petani di Desa Talang Jala. Jumlah petani di desa tersebut (sebagai populasi) misalnya 300 orang. Dengan keterbatasan waktu, biaya dan tenaga, tentunya tidak mungkin kita akan meneliti seluruh petani. Karenanya, kita hanya ambil sampel, katakanlah 50 petani.
Hasil penelitian dan analisis kita terhadap 50 petani sampel tadi, bukan untuk menggambarkan keadaan sosial-ekonomi mereka saja, tetapi adalah untuk menggambarkan keadaan sosial-ekonomi dari 300 petani (populasi). Lalu, bagaimana kita yakin bahwa gambaran dari 50 petani bisa mewakili keadaan 300 petani ? Jawabnya adalah: perlu teknik yang tepat dalam pengambilan sampel, dalam mengambil data dari sampel, dalam menentukan banyaknya (ukuran) sampel dan dalam analisis serta penaksiran data.
Dalam konteks menentukan berapa banyak sampel yang harus diambil, ada software yang cukup sederhana dan praktis dalam perhitungannya, yaitu Program EasySample. Selain bisa menentukan ukuran sampel, program ini juga bisa menghitung confidence level (tingkat kepercayaan) dari sampel acak kita dan menghitung probabilitas, menemukan error dari sampel. Ada juga fasilitas statistik sederhana seperti menghitung jumlah,rata-rata, standar deviasi, dan fasilitas untuk mendapatkan angka random yang berguna untuk memilih sampel.
Di bawah ini saya contohkan cara kerjanya.

Tampilan awal program EasySample adalah seperti berikut:


Ada 9 pilihan yang bisa diambil. Untuk menentukan ukuran sampel maka kita ambil pilihan pertama. Ketika pilihan pertama diklik, akan muncul tampilan berikut:


Pada pilihan ini kita diminta untuk memasukkan data mengenai jumlah populasi, tingkat kesalahan yang diharapkan, range dari tingkat ketelitian/ketepatan serta tingkat kepercayaan yang diinginkan. Katakanlah populasi kita 300 orang, tingkat kesalahan yang diharapkan 5 %, range tingkat ketelitian 10% dan tingkat kepercayaan 99,9 persen. Setelah memasukkan angka-angka tersebut klik Calc.Sample Size, maka akan didapatkan jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 44 orang (43,904) seperti tampilan berikut:


Dengan menggunakan program ini kita dapat lebih akurat dan memiliki latar belakang metoda pengambilan sampel yang dapat di benarkan secara statistik

Anda tertarik dengan program ini ? Silakan download disini.

Disadur dari Blog Junaidi FE-UNJA

Tidak ada komentar: